![]() |
Pintu masuk Gotthard Road Tunnel dari arah kota Milan |
Setiap ada pengantaran logistik darat dari eropa bagian utara menuju Italia, harus melewati negara ini. Pegunungan Alpen menjadi pemandangan umum disini, panoramanya indah memang. Namun wilayah pegunungan menyimpan masalah, khususnya di bidang transportasi. Dahulu, hampir dipastikan jalan raya dan rel kereta api harus dibuat berkelok kelok, dan banyak melewati terowongan yang melewati pegunungan alpen yang tinggi menjulang di tengah negara ini.
![]() |
Gotthard Road Tunnel (kuning kiri) dan Gotthard Base Tunnel (kuning kanan) |
![]() |
Ilustrasi Terowongan Gotthard yang membelah pegunungan Alpen |
Perjalanan Kereta menembus perut bumi
Pembangunan Gotthard Base Tunnel berawal dari pemerintah Swiss yang pada tahun 1960an, merencanakan untuk membangun sebuah terowongan baru yang menembus perut bumi di pegunungan alpen, dan dengan total panjang hampir 54 kilometer (35 Mil) hampir dipastikan terowongan baru ini akan memecahkan rekor sebagai terowongan terpanjang di dunia. terowongan kereta ini sendiri baru akan rampung pada tahun 2017 mendatang.
Dan sebelum Terowongan kereta Gotthard base tunnel rampung, kini perjalanan darat harus melewati terowongan jalan raya Gotthard Road Tunnel yang lebih dulu selesai. Dahulu perjalanan darat baik dengan kereta api dari Zurich di Swiss menuju Milan Di Italia membelah pegunungan, berkelok kelok, bisa sangat panjang ,cukup melelahkan, dan tentunya sangat berbahaya. Perjalanan darat bisa mencapai waktu tempuh yang sangat lama, dan tentunya biaya menjadi kurang efisien. Namun kini Zurich-Milan bisa ditempuh hanya dalam waktu beberapa jam saja.
![]() |
Gotthard Base Tunnel yang akan rampung pada 2017 |
© Gregorius
Yohandi, 2012
Penulis : Gregorius
Yohandi
Referensi : Dailymail.co.uk, wikipedia, swissinfo.ch
Referensi : Dailymail.co.uk, wikipedia, swissinfo.ch
0 komentar:
Posting Komentar