Advertise With Us

barcabarcelona76@gmail.com

Membelah Bumi untuk menciptakan terowongan Jalan raya & Rel kereta di Swiss

Pintu masuk Gotthard Road Tunnel dari arah kota Milan
      Switzerland, adalah negara yang dikelilingi oleh pegunungan alpen. Negara ini memegang posisi strategis di Eropa. Letaknya yang ada ditengah tengah antara Italia dan Jerman menjadikan negara yang terkenal sebagai pembuat jam tangan terkenal dunia, sebagai penghubung strategis antar negara di Eropa.

     Setiap ada pengantaran logistik darat dari eropa bagian utara menuju Italia, harus melewati negara ini. Pegunungan Alpen menjadi pemandangan umum disini, panoramanya indah memang. Namun wilayah pegunungan menyimpan masalah, khususnya di bidang transportasi. Dahulu, hampir dipastikan jalan raya dan rel kereta api harus dibuat berkelok kelok, dan banyak melewati terowongan yang melewati pegunungan alpen yang tinggi menjulang di tengah negara ini.

Gotthard Road Tunnel (kuning kiri)
dan Gotthard Base Tunnel (kuning kanan)
Ilustrasi Terowongan Gotthard yang membelah pegunungan Alpen
     Ada beberapa terowongan yang cukup terkenal disana, yaitu St Gotthard Road Tunnel (Goschenen - Airolo), terowongan jalan raya terpanjang di dunia, juga Gotthard Base Tunnel, ini adalah terowongan kereta api terpanjang di dunia, dan juga memegang rekor sebagai terowongan terpanjang di dunia.

Perjalanan Kereta menembus perut bumi
     Pembangunan Gotthard Base Tunnel berawal dari pemerintah Swiss yang pada tahun 1960an, merencanakan untuk membangun sebuah terowongan baru yang menembus perut bumi di pegunungan alpen, dan dengan total panjang hampir 54 kilometer (35 Mil) hampir dipastikan terowongan baru ini akan memecahkan rekor sebagai terowongan terpanjang di dunia.  terowongan kereta ini sendiri baru akan rampung pada tahun 2017 mendatang.
    Dan sebelum Terowongan kereta Gotthard base tunnel rampung, kini perjalanan darat harus melewati terowongan jalan raya Gotthard Road Tunnel yang lebih dulu selesai. Dahulu perjalanan darat baik dengan kereta api dari Zurich di Swiss menuju Milan Di Italia membelah pegunungan, berkelok kelok, bisa sangat panjang ,cukup melelahkan, dan tentunya sangat berbahaya. Perjalanan darat bisa mencapai waktu tempuh yang sangat lama, dan tentunya biaya menjadi kurang efisien. Namun kini Zurich-Milan bisa ditempuh hanya dalam waktu beberapa jam saja.
Gotthard Base Tunnel yang akan rampung pada 2017
    Orang orang Swiss memang terkenal sebagai pembangun terowongan yang cukup handal. Teknik mereka dalam membangun jalan dan jalur rel menembus perut bumi, adalah yang terbaik di dunia. Walaupun ketika melakukan pembangunan waktu yang mereka butuhkan bisa cukup lama, namun perhitungan yang dilakukan sangat pas dan presisi, menggunakan teknik pengeboman bawah tanah yang efisien, dan mesin bor raksasa yang sangat canggih. Berkat terowongan terowongan ini, semua akses jalan menjadi cepat, dan tentunya bisnis di Eropa kini menjadi maju karena teknologi ini. 

© Gregorius Yohandi, 2012

Penulis     :           Gregorius Yohandi 
Referensi :           Dailymail.co.uk, wikipedia, swissinfo.ch
Share on Google Plus

About Gregorius Yohandi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar