Advertise With Us

barcabarcelona76@gmail.com

FC Barcelona, Dari Catalan menjadi penguasa Dunia


Mes que un club, slogan yang ditunjukkan
puluhan ribu los cules setiap barcelona bertanding
'Mes Que Un Club'  itulah motto dari klub sepakbola terbesar dunia saat ini FC Barcelona
(Dalam bahasa catalan[fubˈbɔɫ ˈkÉ«ub bÉ™rsəˈɫonÉ™]) atau yang lebih dikenal orang sebagai Barcelona, atau Barça ini berbasis di kota Barcelona, Catalonia, sebuah provinsi otonom di sebelah timur negeri matador ,Spanyol.

Logo Awal Berdiri FC Barcelona yang masih sederhana
    Adalah Joan Gamper, seorang pemimpin Grup sepakbola yang beranggotakan orang Swiss, Inggris, dan 
Catalonia, yang menggagas berdirinya sebuah klub sepakbola di kota Barcelona pada tahun 1899, dan hingga kini telah menjadi simbol dan identitas dari bangsa catalan. FC Barcelona menggunakan warna Biru - Merah sebagai warna kebanggaan, warna ini dikatakan sebagai warna duplikat dari FC Basel (Swiss) sebuah klub terbesar Eropa pada masa itu, dikarenakan visi dari FC Barcelona untuk menjadi klub terbaik eropa. Klub Sepakbola Ini adalah penguasa Spanyol Dan Eropa saat ini, bahkan Dunia pun takluk oleh permainan khas tarian tiki-taka mereka.Pada edisi Piala dunia Antarklub FIFA tahun 2011 di Jepang, mereka tampil sebagai kampiun dengan rekor yang sempurna tanpa kekalahan, dan dijuluki "The Alien Team"( tim alien ) karena mereka bermain sangat luar biasa, dan disebut sebut, belum ada tim di dunia yang bermain seakurat dan sedahsyat itu. Teknik tiki-taka mereka terkenal Menyihir siapapun yang menyaksikan El Barca (Julukan lain FCBarcelona) bertanding .Dengan penguasaan bola yang selalu di atas 60%, akurasi umpan sempurna , dan penyelesaian akhir yang sulit diduga, tidaklah berlebihan jika Klub sepakbola kebanggaan rakyat Catalan ini disebut Penguasa Dunia Sepakbola dalam dekade ini.. Banyak pemain kelas dunia, pernah dan masih bermain untuk klub ini, diantaranya Diego Armando Maradona, Johann Cruyff, Ronaldo, Romario, Rivaldo, Luis Enrique, Andoni Zunbizaretta(Kiper terbaik Spanyol pada masanya) Frank Rijkaard, Hristo Stoichkov, michael Laudrup, Josep 'pep' Guardiola, Ronaldinho Gaucho, Deco Souza, Luis Figo, hingga era sekarang yaitu, Xavi Hernandez ,Andres Iniesta, Fran 'Cesc' Fabregas, dan pemain terbaik dunia saat ini Lionel Messi.  


Lionel messi, salah satu kunci 
sukses Tiki taka Barcelona
Salah Satu Momen Kemenangan FC Barcelona pada Piala Dunia
Antarklub FIFA di Jepang 2011. Di Final Mereka Mengalahkan
Juara Amerika Latin ( CONMEBOL),
 Santos Futebol  Clube (BRA) yang diperkuat Neymar , dengan Skor 4 - 0.

-El Classico-


Perisiwa pengeboman kota Barcelona
pada Masa Perang Sipil Spanyol.
Peristiwa yang mengawali perseteruan  Spanyol - Catalonia,
Istilah ini akan selalu ada dalam sejarah klub ini, perseteruan antara FC Barcelona dengan Real Madrid C.F. yang disebut perseteruan pusat dan daerah yang sudah berlangsung hampir satu abad lamanya. 
semua dimulai pada tahun 1925 pada era perang sipil spanyol, bangsa spanyol dipimpin oleh seorang diktator bernama Miguel primo de rivera, dan komunitas provinsi yang memiliki identitas sendiri, seperti Catalonia dan Basque diberangus dengan kejam oleh kediktatoran kerajaan spanyol, yang berasal dari etnis Castilla, bahkan orang orang Catalan Basque, dan etnis lainnya, tidak bisa menggunakan bahasa mereka sendiri, dan perseteruan politik tersebut mengakibatkan bangkitnya rasa 
nasionalisme orang Catalan, dan akhirnya merembet ke segala bidang termasuk sepakbola. FC Barcelona ibarat tim nasional orang Catalan, karena pada saat FC Barcelona bertanding bendera catalan ada di seluruh penjuru stadion, dan pada saat klub wakil pusat ibukota Spanyol yaitu Real Madrid Club de Footbal bertandang ke Barcelona  lagu lagu perjuangan orang catalan bahkan ejekan terhadap kerajaan spanyol masih menggema hingga kini di Estadio Nou Camp, Barcelona, walau sikap yang sama juga ditunjukkan di Provinsi Basque dengan Athletic Bilbao (Klub Sepakbola kebanggaan orang Basque), yang juga mengalami penderitaan yang sama, namun dikarenakan prestasi yang seimbang antara klub pusat, yaitu Real Madrid C.F, dan FC Barcelona, maka perseteruan inilah yang disebut terbesar di ranah Spanyol. Bahkan Jargon 'Catalonia Is Not Spain' dipastikan akan berkibar, manakala FC Barcelona bertanding. Ini adalah simbol perlawanan terhadap pusat, yaitu Spanyol yang Beribukotakan Madrid. Kini meski era perang sipil telah berakhir, dan akhirnya Catalonia memperoleh Otonomi Penuh,  perseteruan kedua kubu masih menjadi salah satu pertandingan sepakbola terpanas di dunia, karena seringkali kedua tim ini bertemu tidak 
Perseteruan Barcelona dan Real Madrid tetap panas selama
seabad terakhir, hingga laga El Classico
hampir pasti selalu berjalan keras
hanya di ajang lokal Spanyol, tapi juga di duel bergengsi daratan Eropa semisal UEFA Champions League .Selain itu Real Madrid dan Barcelona pernah mengoleksi trofi dunia, bedanya Madrid adalah penguasa gelar lama dunia yaitu Piala Interkontinental, sedangkan Barcelona adalah penguasa gelar baru dunia, yaitu Piala dunia Antarklub FIFA .



Bendera Catalan, lengkap dengan slogan 'Catalonia is not Spain'
selalu berkibar di Estadio Camp Nou manakala FC Barcelona Bertanding
Bangunan Asli La Masia De Can Planes, Barcelona
-La Masia-
Kebesaran dan kehebatan klub sepakbola ini, tidak lepas dari akademi sepakbolanya yang bernama La masia de can planes. Akademi ini berdiri pada tahun 1979 yang digagas oleh Johann Cruyff, yang saat itu menjabat sebagai manager Tim. Cruyff melihat perlunya pembinaan usia muda yang saat itu masih minim di Spanyol, maka ia mengajukan proposal kepada presiden klub ,dan mendirikan akademi sepakbola Barcelona di sebuah 
Anak anak muda La masia Sedang
mengikuti Arahan Pelatih mereka
gedung tua di dekat markas klub yang disebut la masia. Cruyff meniru pola pembinaan yang diterapkan De Toekomst Ajax Voetbal Academy, tempat dimana ia dibesarkan sebagai pemain sepakbola, para pemain muda digembleng secara intensif, hingga menjadi pemain profesional secara berjenjang. Jenjang paling tinggi ialah Tim Utama , sebelumnya mereka harus terpilih dulu di tim Barcelona B. Hingga kini, la masia telah menjadi 'pabrik' penghasil pemain sepakbola kelas dunia terbaik setelah De Toekomst Di Belanda, lulusannya pun kini telah  menguasai klub klub utama Eropa. Sebut saja Pep Guardiola yang kini melatih Barcelona, Xavi Hernandez, Andres Iniesta,Fran 'Cesc' Fabregas, Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Lionel Messi (FC Barcelona), Bojan Krkic Perez (AS Roma/ITA), Jose 'Pepe' Reina (Liverpool FC/Eng), Mikel Arteta (Arsenal FC/Eng), adalah lulusan dari La Masia De Can Planes.


Gedung Baru la masia




Estadio Camp nou, Barcelona
-Futbol Club Barcelona-

Berdiri                                   : 29 November 1899 (112 tahun yang lalu)



Julukan                                 :    Barca , Blaugranes
                                                   Cules (Suporter),  Azulgrana                                                
Stadion                                  : Estadio Camp Nou, Barcelona  
                                               ( Kapasitas : 99,354 penonton) 
Presiden                                : Sandro Rosell 
Manager                                : Josep 'Pep' Guardiola
Liga                                      :  La Liga BBVA de Espana 
Website                                 : www.fcbarcelona.cat 

Gelar                                     : La Liga                                       21   kali
                                               Copa Del Rey                             25   kali
                                               Copa del La Liga                          2   kali
                                               Copa eva duarte                           3   kali
                                               Liga Champions Eropa                 4   kali
                                               Inter cities Fair Cup (UEFA Cup)   3   kali
                                               Piala Super Spanyol                    10  kali
                                               Piala Super Eropa                         4  kali
   
                                            Piala Dunia Antarklub FIFA           2   kali 


Jersey FC Barcelona musim 2011/2012


Lihat Peta Lebih Besar
 Peta Lokasi Camp Nou, markas FC Barcelona
 
The
©Gregorius Yohandi, 2012
  
Penulis    :        Gregorius Yohandi                                         
Referensi :www.fcbarcelona.cat , id.wikipedia.com, www.google.comhttp://worldinsport.com
Share on Google Plus

About Gregorius Yohandi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar