Advertise With Us

barcabarcelona76@gmail.com

KFX/IFX jet tempur Generasi terbaru dari Korea selatan/Indonesia



Rancangan model prototipe KFX/IFX Versi Korea Selatan

KFX/IFX ,adalah proyek kerjasama pembuatan pesawat tempur generasi terbaru antara dua negara pengembang, yaitu Indonesia dan Korea selatan. proyek ini dimulai pada tahun 2009, dengan tujuan memperkuat kerjasama pertahanan kedirgantaraan antar dua negara dalam mencapai kemandirian pengadaan alutsista. KFX/IFX berarti Korean fighter jets experiment/Indonesian fighter jets experiment.
  
          berdurasi 15 tahun pengembangan ,pembuatan Jet tempur ini melibatkan engineer terbaik kedua bangsa, dari Indonesia melibatkan TNI-AU, Para insinyur ITB PT Dirgantara Indonesia, dan Korea Selatan melibatkan Insinyur terbaik mereka, serta Angkatan Udara Korea Selatan.
SPESIFIKASI
Rancangan prototipe KFX/IFX 201(F-33)
Versi PT D.I., Indonesia

            Pesawat ini nantinya akan menggunakan mesin yang sama yang akan digunakan oleh Eurofighter thypoon ,milik AU Perancis, yaitu jenis  mesin EJ200. Engine jenis ini mampu mendorong atau men-thrust hingga 45.000 lbs, yang artinya lebih kuat dari daya dorong F-35 Lightning II milik U.S. Air Force yang hanya 43.000 lbs. Sehingga dapat dipastikan jika prototipe pesawat ini rampung , maka "hanya prototipnya" saja ,mampu mengalahkan F-35 milik USAF, dalam pertempuran jarak menengah, apalagi jarak dekat.Sebagai perbandingan,  KFX/IFX adalah Jet Tempur generasi 4.5, sedangkan Sukhoi SU-27/30 dan f-16 adalah generasi 4.


Perkiraan Design kokpit KFX/IFX
               Sistem kendali kokpit pesawat ini menggunakan sistem yang cukup unik, karena batang kendali / kemudi ada di sebelah kanan pilot, sehingga memudahkan pengendalian apabila sang pilot hendak membidik dan menembak jatuh targetnya, teknologi ini bukan hal baru bagi para engineer Indonesia, karena pada masa jayanya PT DI pernah merancang Sistem kemudi yang sama guna pengembangan di masa mendatang .
              Jika terwujud jet tempur generasi abad ke -21 ini diperkirakan juga memiliki kemampuan Stealth/ siluman guna memudahkan penyusupan ke wilayah musuh. kemungkinan ini disebabkan karena korea selatan sangat membutuhkan teknologi tersebut ,guna mengantisipasi kemungkinan ancaman dari seterunya di Utara (Korea Utara), dimana teknik penyusupan sangat dibutuhkan dalam situasi perang antar kedua Korea di masa mendatang, singkat kata jet tempur ini digunakan untuk perang modern yang mengandalkan penyusupan, akurasi, dan teknologi tinggi.

Perbandingan beberapa pesawat tempur berteknologi siluman di dunia termasuk KFX/IFX




The
©Gregorius Yohandi, 2012

Penulis : Gregorius Yohandi
            Disadur dari berbagai sumber
Share on Google Plus

About Gregorius Yohandi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. KALU INDONESIA BISA BUAT PESAWAT PERANG HARUSNYA PEMERINTAH SUPORT DAN ORDER UNTUK PERTAHANAN WILAYH NKRI HAYO INDONESIA MAJU TERUS TINGGALIN ORANG YANG BANYAK NGOMONG YANG TIDAK MENDUKUNG
    AKU SELALU MENDUNGKUNGMU

    BalasHapus
  2. bener . ku harap pemerinta dan dpr mendukung tehnologi dalam negeri. jangan sampai negara kita di pandang sebelah mata di mata dunia. mari kita bangunkan kembali sang macan asia yg telah lama tidur dan hanya selalu mimpi belaka. bravo indonesiaku

    BalasHapus