Advertise With Us

barcabarcelona76@gmail.com

Euro 2012 - Pesta di timur eropa



  Memasuki tahun 2012 ,UEFA kembali  mengadakan
hajatan besar empat tahunan bertajuk euro 2012. dua negara eropa timur yang merupakan bekas negara sosialisme yaitu Polandia dan 
Ukraina dipastikan siap menyambut hajatan akbar 
se- benua biru tahun ini yang diperkirakan berlangsung ketat
Setelah 2008, Euro kembali dengan
format, Delapan Kota - Dua negara

Lantas bagaimanakah situasi dan atmosfir pertandingan? well kedelapan kota dari masing masing empat kota di dua negara punya beberapa cerita unik tentang kesiapan akomodasi, stadion, dan tentunya sejarah yang berbeda beda, mari kita ulas satu per satu negara sekaligus kota kota penyelenggara sekaligus sejarah dari kota kota tempat digelarnya perhelatan akbar eropa ,bulan juni mendatang, dan tulisan ini penulis ambil dari berbagai sumber terkait terutama dari.www.uefa.com .
Logo Resmi Euro 2012



Maskot Euro 2012 Slavek / Slavko
syal timnas Polandia didampingi
minuman wodka khas Polandia
-Polandia-


Wojciech szcesny, pemain muda
terbaikPolandia
Negara ini dulunya tidak sekuat, dan seluas saat ini ,wilayah utara polandia dulunya merupakan wilayah dari kerajaan Prusia , yang juga lebih dikenal sebagai kekaisaran Jerman - Aria. Pada masa setelah perang dunia II barulah Polandia merdeka penuh, dibawah komando Uni Sovvyet, yang menjadikan mereka negara boneka sosialisme eropa timur. Kini setelah keruntuhan sovvyet, Polandia menjadi negara demokrasi yang berpaham semi-liberal. Tim nasional mereka, walau dikenal semenjana , namun cukup disegani di eropa. Pemain seperti Wojciech Szcezsny, (Arsenal/Eng) kiper timnas 'bialo czerwoni'(Putih Merah) ini merupakan salah satu pemain internasional Polandia yang menghuni skuad ini. Dan kota kota tempat diselenggarakannya Euro 2012 di negara ini ialah ,Gdansk, Poznan, Warszawa, dan Wroclaw, berikut ulasan selengkapnya mengenai keempat kota tersebut termasuk jadwal pertandingan yang berlangsung di stadion-stadion tempat diselenggarakannya pertandingan.
Tango 2 Bola Resmi UEFA Euro 2012

Trofi Hendri Delaunay yang akan
diperebutkan 16 Kontestan

-Gdansk-


Kota Gdansk (Danzig)







Kota Gdansk adalah sebuah kota pelabuhan di utara Polandia, Pada era Prusia Timur, kota ini dikenal sebagai Danzig. Kota Gdansk merupakan kota yang penuh sejarah, khususnya pada era PDI danPDII.
View Arena Gdansk dilihat dari udara
Kota ini merupakan pusat komando pelabuhan partai NAZI pada Jerman era Hitler, sehingga membuat posisinya strategis ketika itu. Kini kota ini telah menjadi kota pusat pelayaran di Polandia. kota ni memiliki beberapa klub sepakbola yang cukup ternama yakni KS Lechia Gdansk, juga SKS Polonia Gdansk.
Stadion tempat dihelatnya Euro 2012 adalah Arena Gdansk ,sebuah arena sepakbola modern yang merupakan kandang dari KS Lechia Gdansk. Berkapasitas 40.000 penonton, stadion ini adalah stadion baru yang berbentuk oval dengan atmosfir berwarna kuning di sekeliling dalam Arena ini. Stadion ini Resmi dibuka pada bulan Juli 2011.
Atmosfir Stadion ini ,yang didominasi warna kuning terang 
Peta kota menuju Arena Gdansk
sumber:maps.google.com

Pertandingan di Arena Gdansk (Waktu setempat)
               Penyisihan
               10/26/2012
SpanyolSpain18:00ItalyItalia
                14/06/2012
SpanyolSpain20:45Republic of IrelandRep. Irlandia
                18/06/2012
Kroasia Croatia20:45SpainSpanyol
             Perempat Final
                22/06/2012
sumber:www.uefa.com
-Poznan-


Stary Rynek (City Square), Poznan 
Municipal stadium. poznan

Kota ini didirikan oleh suku slavic di polandia ,terletak di pulau ostow tumski, kota ini adalah kota di tepian sungai warta. Poznan adalah kerajaan hingga tahun1039 ketika mereka di serang oleh kerajaan suci Romawi, takhta poznan pun runtuh dan pindah ke krakow. Hingga kota ini pun sempat di aneksasi prussia timur dan diubah namanya menjadi Posen. Ketika polandia merdeka penuh, kota inipun menjadi bagian dari wilayah Polandia.

     Di bidang sepakbola, kota ini memiliki sebuah klub yang cukup besar, bernama KKS Lech Poznan. Stadion tempat dihelatnya Euro 2012, adalah stadion municipal/mljeski Poznan, stadion ini memiliki kapasitas sebesar 40.000 penonton,
dan memiliki nuansa warna Biru putih.
KKS Lech Poznan, dan KS Warta Poznan adalah pemakai stadion ini. diresmikan pertama kali tahun1980, stadion ini direnovasi ulang, dan resmi dibuka kembali pada September 2010.
Suasana di dalam Stadion Municipal, pada saat
pertandingan UEFAEuropa League.


Peta Kota menuju Stadion Municipal/Mljeski
sumber:maps.google.com




 Pertandingan di Stadion Municipal (Waktu Setempat)
                      Penyisihan
                     10/06/2012
Rep.IrlandiaRepublic of Ireland20:45CroatiaKroasia
                       14/06/2012
Italia             Italy18:00CroatiaKroasia
                      18/06/2012
Italia             Italy20:45 Republic of Ireland Rep.Irlandia


sumber:www.uefa.com

-Waszawa-

Situs Royal Castle Polska, di Rynek
starego Miasta, Warszawa







Warszawa adalah Ibukota Polandia, yang cukup banyak menyimpan nilai sejarah masa lalu, baik kelam maupun sejarah kejayaan. Kota yang disebut juga Phoenix City/ Kota Phoenix ini, adalah Ibukota Republik Polandia dan sekaligus memiliki nilai penting bagi kegiatan politik dan ekonomi
di Polandia. Sempat dihancurleburkan oleh peperangan di era PDII, kota ini kini dibangun kembali dari sisa reruntuhan kota warszawa lama yang hampir tak berbekas sisanya. Kota ini memiliki arsitektur kuno, tetapi segala yang terlihat disini walau terlihat antik ,namun baru dibangun setelah PDII hanya ada Kastil Royal Polandia, dan Rynek Starego Miasta(old city square) yang walau hancur, masih berdiri dan direstorasi total oleh Pemerintah Polandia, dibantu UNESCO . Klub sepakbola terbesar Polandia juga bermarkas di kota ini, yaitu Legia Warszawa, dan salah satu klub tertua di negara ini yaitu KSP Polonia Warszaw juga ada di kota ini. 
Stadion Nasional Warszawa, stadion ini adalah stadion
baru yang ke depan adalah rumah bagi timnas Polandia 
             Stadion tempat berlangsungnya pertandingan, adalah Stadion National Warszawa yang berkapasitas 50.000 tempat duduk. Stadion ini adalah kandang dari timnas Polandia, yang merupakan stadion baru yang diresmikan pada bulan Januari 2012. Arsitekturnya sangat unik, dengan dihiasi warna putih merah, khas bendera Polandia dan memiliki lengkung baja simetris di sekeliling stadion.  


Interior dalam stadion nasional warszawa, yang dihiasi
empat LCD ditengah atap stadion
Peta kota menuju Stadion Nasional Warszawa
sumber:maps.google.com
  Pertandingan di Stadion Nasional Warszawa(Waktu Setempat)
                      Penyisihan
                       08/06/2012
Polandia      Poland 18:00 Greece Yunani
                       12/06/2012
Polandia       Poland 20:45 Russia Rusia
                      16/06/2012
Yunani          Greece 20:45 Russia Rusia
                  Perempat final
                       21/06/2012
                      Semifinal
                       28/06/2012


sumber:www.uefa.com

-Wroclaw-


Salah satu sudut Kota Wroclaw, Polandia
Wroclaw adalah Ibukota provinsi  dolnyslaski, yang disebut juga dalam bahasa jerman 'Breslau', seperti kebanyakan kota di Polandia, kota wroclaw memiliki sejarah yang sangat panjang dan berliku. Pernah dikuasai kekaisaran Bohemia, dianeksasi Prussia, dan menjadi markas militer Jerman pada era PDII.Pada tahun 1871 kota Wroclaw/Breslau adalah kota keenam terbesar di kekaisaran Prussia, kini kota ini adalah bagian dari Republik Polandia. dengan sejarah yang berliku bahkan agak sulit dipahami, kota ini juga termasuk salah satu kota tujuan sejarah di Polandia.

Stadion municipal wroclaw
     WKS Slask Wroclaw, adalah salah satu klub kebanggaan Kota Wroclaw, klub ini kini berkandang di stadion Municipal Wroclaw, yang juga menjadi salah satu tempat pertandingan pada Euro 2012. berkapasitas 40.000 tempat duduk, stadion baru ini, menjadi kebanggaan baru bagi warga Wroclaw .Stadion ini diresmikan pada bulan September 2011.
Stadion  municipal, adalah Rumah baru bagi Slask Wroclaw 
Peta Kota menuju Municipal Wroclaw
sumber:maps.google.com
 Pertandingan di Stadion municipal Wroclaw(Waktu Setempat)
                      Penyisihan
                       08/06/2012
Russia          Russia 20:45 Czech Republic  Rep.Ceko
                       12/06/2012
Yunani          Greece 18:00 Czech Republic   Rep.Ceko
                      16/06/2012
Rep.Ceko       Czech Republic 20:45Poland    Polandia
sumber:www.uefa.com
                                                         
               
Andriy shevchenko, salah
satu pemain terbaik ukraina
-Ukraina-
                                                                                                                  Ukraina adalah negara kedua tempat penyelenggara Euro 2012, dalam bahasa rusia berarti 'daerah perbatasan'. Negara ini dulunya adalah bagian dari Uni Sovvyet Sosialis Republik(U.S.S.R) atau Uni Sovvyet, yang merupakan salah satu negara adidaya pada era perang dingin, selain Amerika Serikat. Republik Ukraina merdeka setelah Uni Sovvyet runtuh, negara ini adalah salah satu negara dengan tingkat ekonomi yang rendah di kawasan eropa, namun negara ini terus berkomitmen untuk maju dan sejajar dengan tetangganya baik di barat atau di timur. Lama dikuasai pemerintahan komunis soviet, kini Ukraina menjadi negara demokrasi di eropa timur, dan kini menjadi bangsa yang cukup kuat di kawasan tersebut.
Sebuah Papan Countdown to
Euro 2012 di kota Lviv, Ukraina

       Ukraina adalah negara industri, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pusat pusat industri di kota kota  negara ini. Tim nasional Ukraina dikenal cukup kuat di eropa, berjulukan 'zhavto blaktyni' tim ini memiliki beberapa pemain berkualitas terbaik dunia. Andriy Shevchenko adalah salah satunya, pemain yang kini membela Dynamo Kiev di liga lokal ukraina itu pernah menjadi slah satu bomber yang ditakuti di eropa, pada saat membela A.C. Milan di liga Italia serie-A pada era 2000-an. Negara ini juga merupakan rumah bagi beberapa tim terbaik eropa pada masa Sovvyet yaitu F.C. Dynamo Kiev, dan Shakhtar Donetsk. Keempat kota di ukraina yaitu Donetsk, Kharkiv, Kiev, dan Lviv, telah siap menggelar laga di euro 2012, bagaimana kesiapannya, mari kita simak ulasan mengenai keempat kota tersebut, beserta ulasan mengenai stadion, dan jadwal Pertandingan.

-Donetsk-


Stadion Donbass Arena, Markas Shakhtar Donetsk
  Kota Donetsk terletak di sebelah tenggara Kiev, Ibukota Ukraina. Kota ini adalah kota industri yang didirikan ,justru oleh orang Wales, Britania Raya, pada tahun 1869 yaitu John Hughes, beliau mendirikan beberapa pabrik Baja, dan tambang batubara di Donetsk. Ya, kota Donetsk ,memang adalah kota pertambangan khususnya Batubara ,hampir seluruh warga kota yang didominasi etnis Rusia menggantungkan hidup dari sektor tambang ini. Walau dikenal sebagai kota industri, namun kota ini justru mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai kota industri terbersih di dunia. 
                                                
        Kota ini memiliki salah satu klub besar Eropa ,yaitu FC Shakhtar Donetsk, yang merupakan Juara UEFA Cup musim 2008/09, Klub ini Bermarkas di Donbass Arena yang memiliki  kapasitas sebesar 50.000 tempat duduk. Diresmikan pada Agustus 2009, stadion ini dibangun dengan biaya 320 juta euro ,oleh pendiri klub ,Rinat Akhmetov.
Interior dalam Donbass Arena

Peta kota menuju Stadion donbass Arena
sumber:maps.google.com



Pertandingan di Stadion Donbass Arena (Waktu Setempat)
                      Penyisihan
                       11/06/2012
Perancis      France  18:00  England  Inggris
                       15/06/2012
Ukraina        Ukraine  18:00  France   Perancis
                      19/06/2012
Inggris          England   20:45 Ukraine  Ukraina
                  Perempat final
                       23/06/2012
                      Semifinal
                       27/06/2012

sumber:www.uefa.com


-Kharkiv-


     Kharkiv adalah kota pusat IPTEK Ukraina, kota ini terletak di sebelah timur Ibukota Ukraina, Kiev.
Kharkiv merupakan kota tempat bermulanya teknologi nuklir Uni Sovvyet, kota ini dulunya adalah ibukota lama Republik Soviet Ukraina(nama Ukraina pada masa Uni Soviet), yang juga merupakan pusat pabrik 
baja Ukraina. Sejarah kota ini agak sulit diketahui, namun sebagai kota metropolitan, dan yang terbesar kedua di Ukraina kota Kharkiv memegang peranan penting pada roda ekonomi Ukraina. Ada puluhan pabrik disini, khususnya pabrik Metalurgi, dan juga terdapat pabrik produksi Alutsista, khususnya Tank, dan persenjataan berat. 
Stadion  Metalist, markas FC Metalist Kharkiv, yang
juga akan menghelat laga di euro2012.
Kota ini memiliki salah satu klub sepakbola yang cukup ternama ,pada masa uni sovvyet, yaitu Metalist Kharkiv. Klub milik salah satu perusahaan setempat ini bermarkas di stadion Metalist, stadion yang cukup tua di Ukraina. Stadion yang dulunya bernama traktor stadium ini dibangun tahun1929, setelah direnovasi stadion ini kembali dibuka pada bulan desember 2009. Setelah renovasi, stadion metalist memiliki fasilitas baru ,yaitu lapangan terbaru, pemanas lapangan, dan papan skor berlayar LED elektronik. 
Tampilan terbaru interior dalam, Stadion Metalist

Peta kota menuju stadion metalist
sumber:maps.google.com



Pertandingan di Stadion metalist(Waktu Setempat)
                      Penyisihan
                       09/06/2012
Belanda       Netherlands   18:00   Denmark   Denmark
                       13/06/2012
Belanda        Netherlands     20:45  Germany   Jerman
                      17/06/2012
Portugal       Portugal   20:45    Netherlands     Belanda
                
sumber:www.uefa.com


-Kiev-





    


      Kiev (Kyiv) adalah ibukota dari Republik Ukraina, kota ini dulu adalah kota kedua terbesar Uni Sovvyet setelah Moskow(Rusia) .Pada abad ke 13 ,Kiev adalah Ibukota sebuah kerajaan besar bangsa Slavic ,yaitu Kyivvan Rus ,lalu kerajaan ini menggabungkan diri dengan kekaisaran Rusia. Pada saat Revolusi bolshevik, yang melahirkan negara Komunis Uni Sovvyet,  Kiev dan seluruh Ukraina menjadi Republik Sovvyet Ukraina, setelah kemerdekaan Ukraina – pasca runtuhnya Soviet, kota ini resmi menjadi Ibukota Republik Ukraina .Sebagai pusat pemerintahan ,Kiev memegang peranan penting dalam politik, dan ekonomi di Ukraina, kota ini juga menjadi saksi sejarah pergerakan di Ukraina. Kiev terletak di teian sungai Dnipro, sungai yang bermuara di laut hitam.
Stadion Olimpiade Kiev ,yang  telah dilengkapi atap baru 

        Kota Kiev, memiliki sebuah Klub yang cukup disegani di Eropa, yaitu Dynamo Kiev. FC Dynamo Kiev, adalah klub yang beberapa kali juara Liga Sovvyet dan Liga Ukraina kini. Di klub inilah, pemain terbaik Ukraina ,Andriy shevchenko dibesarkan, hingga menjadi pemain terbaik Eropa saat di AC Milan, dan kini kembali di Dynamo Kiev. Stadion tempat penyelenggaraan, adalah Stadion Olimpiade Kiev, stadion ini adalah markas dari Dynamo Kiev, yang berkapasitas 100.000 penonton. Stadion ini menjadi yang terbesar pada euro2012, itu sebabnya tempat ini juga menghelat Partai Grand Final Euro 2012. Stadion ini resmi dibuka tahun 1923, pada tahun 1980 tempat ini menjadi salah satu tempat penyelenggara Olimpiade Moskow. Kini setelah direnovasi, stadion ini kembali dibuka pada bulan Oktober 2011.



Stadion Olimpiade Kiev, telah siap menjadi Host laga  penutupan
Euro2012. Diatas adalah suasana saat upacara pembukaan stadion.

Peta kota menuju stadion olimpiade Kiev
Sumber:maps.google.com
Pertandingan di Stadion Olimpiade Kiev (Waktu Setempat)
                      Penyisihan
                       11/06/2012
Ukraina       Ukraine    20:45 Sweden   Swedia
                       15/06/2012
Swedia         Sweden    20:45  England    Inggris
                      19/06/2012
Swedia          Sweden    20:45 France   Perancis
                  Perempat final
                       24/06/2012
                          Final
                       01/07/2012

sumber:www.uefa.com
-Lviv-

         Lviv, kota ini terletak di sebelah barat Ukraina, dan berbatasan langsung dengan wilayah Polandia. Kota yang pada masa lalu disebut Lvov ini, adalah kota yang mendapat predikat 'Florence of the east', UNESCO juga meresmikan beberapa situs budaya di kota ini. Sebelumnya kota ini adalah wilayah Polandia, namun setelah PDII kota ini ada dibawah kendali Uni Sovvyet, kini kota ini menjadi wilayah Ukraina. Di masa Perang Dunia II, Kota ini menjadi salah satu ladang pembantaian orang Yahudi, dikenal juga dengan sebutan Holocaust, hal ini dikarenakan ,kota Lviv adalah pusat orang Yahudi di wilayah Prussia Timur. Walaupun memiliki sejarah yang cukup kelam, namun kota Lviv kini menjadi salah satu tujuan wisata budaya di Ukraina, selain ada situs warisan Dunia ,di sini juga terdapat wisata sejarah, yang cukup menarik untuk dikunjungi, Kota yang indah di Ukraina ini juga menjadi salah satu host dalam penyelenggaraan Euro 2012.

Arena Lviv yang bercahaya di malam hari
 Tempat berlangsungnnya pertandingan, ialah Arena Lviv, sebuah stadion baru yang disiapkan khusus menyambut Euro 2012. Stadion ini ialah markas Klub Karpaty Lviv T.bc, yang dibuka bulan Oktober 2011, dan mampu menampung 30.000 penonton.Stadion ini adalah yang terkecil diantara stadion lain pada Euro 2012, namun termasuk yang termodern.

Stadion Arena Lviv yang berkapasitas
paling sedikit, namun megah

Peta Kota menuju Arena Lviv
Sumber: maps.google.com


Pertandingan di Stadion Arena Lviv(Waktu Setempat)
                      Penyisihan
                       09/06/2012
Jerman         Germany     20:45    Portugal     Portugal
                       13/06/2012
Denmark       Denmark     18:00    Portugal     Portugal
                      17/06/2012
Denmark       Denmark     20:45    Germany     Jerman


sumber:www.uefa.com


-Tim yang Berlaga-

    Grup A:                                 Grup B:                         Grup C:                     Grup D:
Poland                                           Netherlands                                        Spain                                Ukraine

   Polandia                                                      Belanda                                               Spanyol                                          Ukraina


Greece                                             Denmark                                      Italy                                Sweden
   Yunani                                        Denmark                                   Italia                                Swedia

  Russia                                            Germany                                     Republic of Ireland                                 France

      Rusia                                         Jerman                               Rep.Irlandia                          Perancis

  Czech Republic                                            Portugal                                      Croatia                               England

      Rep. Ceko                                                  Portugal                                               Kroasia                                        Inggris



The
©Gregorius Yohandi, 2012

Penulis : Gregorius Yohandi
Share on Google Plus

About Gregorius Yohandi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar